• istiqomahkom

Jadi Travel Writer Yuk!



Hobi yang dibayar tentu bisa jadi pekerjaan yang menyenangkan. Nah, buat Sobat Global yang suka nulis dan suka travelling plus pengen bisa dapat penghasilan dari 2 hobi itu, bisa banget nih jadi travel writer!


Kita bisa jalan-jalan sambil nulis terus dibayari pula. Untuk awal-awal memang nggak semua langsung bisa dapat penghasilan. Karena tentu kita harus menunjukkan portofolio tulisan kita dong. Nah untuk memulai menjadi travel writer, bisa ikuti tips di bawah ini.


1. Beli target dan deadline pada setiap trip


Meskipun keliatannya menyenangkan, tantangan jadi travel writer itu jalan-jalannya jadi ada “tugas”. Tapi ya kalau kita sudah suka, pasti justru bukan jadi beban kan? Nah jika sudah niat ingin jadi travel writer, tanamkan dalam pikiran kita bahwa setiap trip harus ada cerita seru dan menarik untuk ditulis. Selain menyiapkan rencana perjalanan, rancang juga target tulisan dari hasil travelling. Lalu tentukan deadline penulisannya. Ini penting, karena biasanya untuk memulai jadi travel writer itu musuh terbesarnya adalah menunda-nunda.


2. Jadi kritis!


Tulisan yang baik itu bukan hanya berdasarkan pengamatan tapi juga ada data serta informasi yang kredibel. Nah untuk mendapatkan data dan informasi yang kredibel, tentunya kita perlu menggali dari berbagai sumber dong. Misal, pas travelling ke Bali, ingin tau lebih dalam sisi lain para penjaga pantai, maka kita perlu “wawancara” dengan para penjaga pantai itu, para pengunjung pantai, dll. Nah dari awal kan sudah menentukan target tuh, selanjutnya jadi lah kritis. Siapkan banyak pertanyaan untuk tulisan Anda.


3. Jangan ragu untuk sewa pemandu


Memulai jadi penulis apapun, termasuk travel writer, harus bisa menurunkan ego dan sok tahu. Anggap saja kita selalu memulai dari awal setiap kali melakukan penulisan tentang perjalanan baru. Bila perlu sewa pemandu. Untuk mendapatkan informasi tambahan yang akurat. Banyak mendengar, mencerna, mengamati, lalu tulis.


4. Kunjungi yang nggak mainstream


Sebelum memutuskan destinasi travelling, kita bisa cek dulu apakah tujuan kita sudah banyak yang mereview atau belum. Sebisa mungkin kita mengunjungi tempat-tempat yang jarang atau bahkan belum dieksplore oleh travel writer lain. Atau kalau pun memang harus mengunjungi tempat yang sudah mainstream, pilih angel lain untuk membuat unik tulisan Anda.


5. Travel writer bukan turis


Selalu ingat tujuan awal bahwa jalan-jalan Anda menjadi ada tanggungjawabnya ketika memutuskan untuk jadi travel writer. Jadi singkirkan mindset menjadi turis. Eksplor lah tempat Anda jalan-jalan. Bukan hanya tidur di hotel, jalan-jalan, makan.


6. Travel writer harus fleksibel


Menjadi travel writer itu pekerjaan kreatif. Jadi kita pun tidak boleh terlalu kaku dengan pekerjaan ini. Jika ada perubahaan mendadak di luar kendali kita yang tidak sesuai dengan rencana, nggak perlu panik. Tetap tenang sambil memikirkan solusi alternatif.


Gimana, siap jadi travel writer?


Sumber: www.travelingyuk.com



#globalfmsby #globalfm #femaleandfamily #travelwriter #travelling #traveling #tips #hobby #passion #writer #writing

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon

90.9 Global FM Surabaya - Female & Family Radio in Surabaya

Jl. Citandui 14, Surabaya | 0315610914 | 081330249090

© 2016 by Mercury Media Group