• White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon

90.9 Global FM Surabaya - Female & Family Radio in Surabaya

Jl. Citandui 14, Surabaya | 0315610914 | 081330249090

© 2016 by Mercury Media Group

  • istiqomahkom

Sedotan Non-Plastik untuk Dukung #NoStrawMovement



Seolah sepele, tapi sadar atau tidak sedotan plastik yang kita pakai satu kali lalu kita buang merupakan penyumbang sampah plastik terbesar. Setiap harinya ada kurang lebih 93 juta buah sedotan plastik yang digunakan. Itu baru di Indonesia. Bahkan negara kita jadi negara kedua di dunia yang menghasilkan sampah plastik terbanyak. Setiap tahunnya ada 1,29 juta metrik ton sampah plastik yang berakhir di laut Indonesia.


Itulah yang menjadi alasan munculnya campaign #NoStrawMovement di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Bahkan gerai makanan seperti KFC, McDonald’s, Starbucks, juga sudah mengikuti campaign #NoStrawMovement ini.


Atas dasar ini juga, muncullah beberapa inovasi sedotan yang tidak menggunakan bahan plastik bahkan bisa dipakai ulang. Sehingga bisa sebagai alternatif solusi untuk meminimalisir sampah plastik dari sedotan plastik.


Di antaranya ada sedotan berbahan kertas. Yang satu ini memang tidak re-usable, namun seperti yang kita tahu, kertas lebih mudah didaur ulang dibanding plastik kan?


Ada juga sedotan berbahan stainless steel, bambu, kaca, akrilik, hingga silikon, yang re-usable dan bentuknya lebih menarik dibanding sedotan plastik.


Banyak online shop yang sudah menjual bebas sedotan non-plastik ini. Bahkan beberapa resto juga sudah mengganti sedotan plastik mereka dengan sedotan non-plastik tersebut. Jadi Anda akan pilih sedotan apa untuk menggantikan sedotan plastik?



Sumber: https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/dita-anitya/pengganti-sedotan-plastik-c1c2/full



#globalfmsby #femaleandfamily #kitchencorner #sedotanplastik #sedotan #tipsdapur